Breaking News

Friday, January 3, 2014

Cara mengatasi Android yang Bootloop

Oh, Tidak! Android 'Bootloop'

Hai sobat Blogger sekalian. Saya kali ini akan membahas masalah Android yang Bootloop. Kenapa saya mengangkat tema ini? Karena semalam Android saya juga Bootloop, kenapa Android saya Bootloop? Karena saya salah menginstal Kernel. Hahaha, untung saja bisa saya perbaiki sendiri

Apa itu 'Bootloop'?


Sebelum kita memcahkan masalahnya, ada baiknya kita tahu sebab perkara masalah tersebut, seperti Halnya Bootloop. Android Bootloop merupakan masalah yang dialami oleh hampir sebagian besar gadget dengan sistem operasi Android baik itu smartphone maupun tablet. Pengertian Bootloop sendiri adalah adanya masalah pada sistem Android dimana tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home, tetapi kembali lagi ke state awal seperti ketika kamu menghidupkan smartphone kamu, dan hal tersebut terjadi terus menerus yang mengakibatkan kamu tidak bisa menggunakan Android kamu.

Cara mengatasi bootloop pada setiap Android tidaklah sama karena bootloop ini memiliki penyebab yang berbeda dan juga cara mengatasi yang berbeda. Sangat penting untuk pertama mengetahui penyebabnya lalu mengetahui cara yang benar untuk penyebab dari hal tersebut. Berikut tiga jenis bootloop yang ada di Android:

  • Android Light Bootloop, adalah bootloop yang cukup mudah untuk diatasi. Hal ini biasa terjadi akibat menginstall apk ataupun bermain game tetapi tiba-tiba Android restart tetapi malah terjadi bootloop. Cara mengatasinya: biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.
  • Android Medium Bootloop, adalah bootloop yang biasa terjadi ketika pengguna mencoba untuk mengoprek sistem Android. Bootloop yang terjadi pada tingkat ini masih bisa diselamatkan, karena setidaknya masih bisa masuk ke dalam recovery mode.
  • Android Hard Bootloop, adalah bootloop tingkat akhir dimana terjadi akibat ada modifikasi file Android sehingga terjadi ketidakseimbangan dan malah merusak file Android. Hal ini biasanya terjadi akibat rooting dan mengubah script seperti font, partisi memori, menghapus aplikasi original, salah instal custom rom, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi Android yang Bootloop


Sepertinya cara mengatasi Bootloop yang paling ampuh dan dipercaya adalah dengan Nandroid Backup. Ini bisa untuk mengatasi Medium Bootloop dan Hot Bootloop. Akan tetapi cara ini harus mewajibkan anda melakukan Backup  lewat CWM! Maka dari itu jika kita ingin mengupdate Sistem pada Andorid kita ada baiknya kita selalu melakukan Backup!

Nandroid Backup

Cara Restore menggunakan Nandroid Backup

  • Pastikan Android anda sudah di Backup
  • Buka CWM Recovery, jika sudah Bootloop, coba buka dengan cara klik tombol power serta Volume up/down. Pada Lenovo klik tombol power 2 detik, setelah itu klik volume up/down bersamaan! Tidak boleh ada jeda!
  • Setelah masuk ke Recovery Mode, pilih opsi 'Backup and Restore', gunakan tombol up/down untuk navigasi, dan power untuk klik!
  • Kemudian pilih 'Restore data' dan klik!
  • Tunggu sampai proses selesai!
  • Selamat Android anda bebas dari Bootloop!

Nah, sebenarnya cukup mudah bukan? Asalkan kita tidak lupa melakukan Backup! Namun, jika kita lupa melakukan Backup? Cukup pilih opsi 'Factory Rest' (Maybe). Akhirnya, artikel ini selesai. Semoga artikel 'Cara mengatasi Android yang Bootloop' bermanfaat. Sekian dulu dari saya, Wassalam

2 comments:

  1. salam kenal gan...mohon pencerahanya awalnya saya masuk recovery mode ingin membackup tp pd saat reboot system now tdk mau masuk ke menu samsung, balik terus ke recovery mode, mohon bantuanya gan tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di Backup gan? Kalau memang tidak bisa masuk, dan tidak bisa direstore, harus di flashing ulang pake komputer

      Delete

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan. Tidak diizinkan komentar yang berisi SARA, pornografi, kata-kata kasar, dan SPAM

Designed By