Breaking News

Monday, February 17, 2014

Cara melegakan Memory Internal

Cara melengangkan Memory Internal

Halo sobat Blogger sekalian! Apa kabar? Ada masalah? Yap, sebenarnya saya menulis artikel ini untuk membantu teman saya yang sedang bingung. Bingung kenapa? Karena dia ingin menginstall banyak aplikasi, namun apa daya, memory internalnya tidak memadai. Nah, maka dari itu saya akan membagikan artikel tentang, Cara melegakan Memory Internal.

Cara melegakan Memory Internal sebenarnya cukup mudah. Yaitu, dengan cara kita mendownload aplikasi untuk memindahkan/membuat link ke eksternal memory, aplikasi tersebut bernama Link2SD. Aplikasi ini sangat membantu, ia bisa bekerja memindahkan aplikasi yang harusnya terinstall di Internal Memory ke External Memory. Nah, penasaran? Ikuti panduannya berikut ini

Bahan!


  • Device Android yang sudah di root
  • SD Card yang sudah terpartisi, anda bisa mempartisinya dengan mengikuti panduan di artikel berikut: Cara mudah mempartisi SD Card
  • Aplikasi Link2SD, anda bisa mendownloadnya di Playstore atau disini

Langkah


  • Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32) Ingat, SD card harus sudah dipartisi!
  • Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD. Jika terjadi error mount script pada langkah ini, silahkan ulangi proses partisi dengan menggunakan file system yang berbeda (jika sebelumnya anda menggunakan file system ext2, silahkan ulangi partisi dengan menggunakan file sistem ext3 atau yang lainnya pada partisi kedua. Jika masih gagal, ulangi lagi partisi dengan menggunakan file system yang lain lagi).
  • Jika pada proses kedua berjalan lancar, langsung saja kita pilih aplikasi mana saja yang ingin kita pindahkan ke SD card. Sentuh softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Anda dapat langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau anda juga bisa memilih beberapa aplikasi saja dengan mencentang tanda rumput yang ada di sebelah kiri icon dari masing-masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tidak akan bisa dipindahkan.

Memilih aplikasi yang akan dipindahkan

  • Jika sudah selesai memilih apps yang ingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.

Pilih Create Link

  • Pastikan anda mencentang ketiga menu yang muncul, lalu pilih OK.

Tap OK

  • Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah perbedaannya! Memory internal akan lebih lega karena data aplikasi yang anda pilih tadi telah dipindahkan ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey dan pilih storage info.

Storage info setelah aplikasi dipindahkan

Nah, cukup mudah bukan. Kegunaan aplikasi ini bukan hanya sekedar itu saja, akan tetapi, juga bisa memindahkan seluruh komponen dalam suatu aplikasi ke SD Card, tinggal pilih Move To SD Card saja.

Akhirnya artikel ini berakhir. Sekian dulu dari saya. Saya mohon maaf jika ada kesalahan, terima kasih, dan Wassalam

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan. Tidak diizinkan komentar yang berisi SARA, pornografi, kata-kata kasar, dan SPAM

Designed By